Loading Posts...

Bayar Biaya Mutasi Mobil Lewat Aplikasi Android

Biaya Mutasi Mobil
Biaya Mutasi Mobil

Mutasi mobil adalah hal yang umum terjadi. Mutasi mobil selain fisik kendaraan yang umumnya pindah lokasi, sekaligus perpindahan lokasi untuk membayar pajaknya namun tetap masih dalam wilayah NKRI. Proses untuk mutasi ini ada 2 macam yakni mutasi di satu daerah dan mutasi yang melibatkan daerah lainnya. Apabila proses mutasinya melibatkan daerah Samsat yang berbeda provinsi perlu prosedur untuk cabut berkas sehingga melibatkan Polda setempat. Untuk biaya mutasi mobil, biasanya berbeda dengan biaya mutasi untuk motor.

Pengurusan mutasi kendaraan ini memang identik dengan hal ribet dan berbelit-belit, apalagi sudah berhubungan dengan aparat dan lainnya sehingga kerapkali membuat banyak orang lebih memilih untuk menyerahkan hal ini pada biro jasa atau calo dengan membayar biaya lebih mahal sehingga semua pengurusan bisa diwakilkan. Padahal, jika Anda tahu cara mengurusnya, seharusnya Anda tidak perlu membayar biaya terlalu mahal dan mampu mengurus sendiri. Namun untuk pengurusan sendiri, memang butuh waktu ekstra sehingga Anda harus meluangkan waktu lebih.

Agar bisa memudahkan Anda yang ingin mengurus mutasi kendaraan baik motor atau asuransi mobil, maka berikut ini beberapa tahapannya:

  1. Lengkapi semua berkas

Sebelum berangkat ke kantor Samsat terkait, pastikan semua berkas yang akan diurus sudah lengkap. Berikut ini beberapa berkas yang diperlukan:

  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • KTP asli pemilik yang baru dan fotokopi
  • Kuitansi untuk pembelian kendaraannya disertai materai Rp 6.000
  • Apabila untuk badan hukum, maka harus ada tambahan akte pendirian, keterangan untuk domisili, surat kuasa serta tanda tangan pimpinan dan stempel asli dari perusahaan.
  • Apabila untuk instansi pemerintah, maka harus ada surat tugas asli bermaterai, dan tanda tangan pimpinannya.

Baca Juga :

  1. Mulai tahap pengurusan
  • Cek fisik kendaraan terlebih dulu dengan biaya mutasi mobil dan motor sekitar Rp 30.000 di Samsat kantor daerah asal. Pengecekan ini adalah dilihat dari nomor rangka dan nomor mesinnya.
  • Selanjutnya, ke bagian pelayanan mutasi yang membutuhkan biaya Rp 75.000. di tahap ini, datanglah ke loket pendaftaran untuk mendapatkan formulirnya dan biarkan petugas melakukan pengecekan berkas kembali. Setelah semua berkas benar, isi formulir seluruhnya. Setelah semua terisi lengkap, serahkan kembali untuk dicek lagi. Lalu datanglah 5 hari lagi untuk mengambil berkas.
  • Di hari yang sudah ditentukan, datang kembali ke kantor Samsat guna pengambilan berkas dengan biaya Rp 10.000.
  • Berlanjut ke kantor Samsat untuk tujuan pemutasian terakhir dan lakukan cek fisik kendaraan dan melegalisir berkas yang dibutuhkan. Setelah dicek, fotokopi semua berkas dan kwitansinya lalu biarkan petugas mengeceknya dan nantinya Anda akan diminta untuk kembali lagi.
  • Di hari selanjutnya, Anda perlu datang kembali ke loket mutasi membawa bukti bayar STNK lalu persiapkan dana yang diminta.
  • Tahap terakhir adalah dengan pembuatan BPKB dengan nama sendiri. untuk kelengkapannya yaitu fotokopi STNK baru, fotokopi BPKB, BPKB yang asli, fotokopi legalisir cek fisik dan kuitansi mobil. Urus BPKB ke Polda setempat di bagian Ditlantas.

Itulah sedikit ulasan terkait proses mutasi kendaraan baik motor maupun mobil. Proses untuk mutasi keduanya hampir sama dengan biaya mutasi mobil dan motor juga hampir sama. Namun yang berbeda adalah dari sisi biaya ketika pengurusan BPKB dimana untuk kendaraan roda 2 dan 3 adalah Rp 80.000 sedangkan untuk roda 4 atau lebih adalah Rp 100.000.

 

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!