data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Biaya Perpanjangan STNK untuk Roda Dua

Biaya Perpanjangan STNK
Biaya Perpanjangan STNK

Menjadi seorang warga negara yang baik sering kali dibuktikan dengan melakukan pembayaran pajak secara rutin dan tepat waktu. Biasanya pajak akan dibebankan kepada masyarakat apabila ia memiliki benda berharga, benda bergerak maupun tidak bergerak yang sesuai peraturan terkena pajak. Salah satu barang yang harus dikeluarkan pajaknya setiap tahun adalah kendaraan bermotor. Bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor seringkali dijadikan satu di STNK kendaraan sehingga mempermudah proses pengawasan dan pembayarannya. Untuk STNK sendiri juga dilakukan perpanjangan selama 5 tahun sekali. Lalu berapakah biaya pajak dan biaya perpanjangan STNK yang harus dibayarkan?

Pemerintah menetapkan besarnya pajak kendaraan dan biaya memperpanjang STNK sesuai dengan jenis kendaraan dan tahun pembuatannya. Semakin tinggi nilai kendaraan maka semakin besar pula pajak dan biaya yang harus dibayarkan. Tingginya biaya pajak dan biaya lain diharapkan akan mengurangi keinginan masyarakat dalam memiliki kendaraan dengan jumlah berlebihan sehingga menyebabkan gangguan lalu lintas seperti macet dan kecelakaan. Seperti pada tahun 2017 ini dimana pajak dan kredit tanpa agunan kendaraan dan biaya perpanjangan surat-suratnya menjadi naik dibandingkan biaya di tahun sebelumnya.

Baca Juga : Harga Mobil Bekas Tahun 2017

Pajak kendaraan dibayarkan setahun sekali dan sebaiknya dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo agar tidak terkena denda. Untuk dapat membayar pajak kendaraan, Anda harus menuju ke Samsat terdekat atau juga dibayarkan secara online di kantor cabang bank tertentu. Berikut ini adalah tata cara yang harus dilakukan dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua:

  • Lengkapi berkas Anda meliputi BPKB, STNK, dan KTP berupa dokumen asli dan salinannya.
  • Mintalah formulir pembayaran pajak di loket yang telah ditentukan dengan menunjukkan STNK.
  • Tanda tangani formulir tersebut, dan persiapkan uang sejumlah yang tertera di formulir untuk pembayaran pajak motor Anda.
  • Serahkan formulir beserta berkas-berkas kelengkapannya untuk diproses lebih lanjut di loket antrian yang telah disediakan.
  • Jika giliran Anda tiba, Anda akan dipanggil untuk membayarkan sejumlah uang di kasir.
  • Setelah itu Anda harus menunggu lagi proses pengembalian STNK dan surat pajak yang baru untuk menyelesaikan proses pembayaran pajak.

Baca Juga : Koperasi Pinjaman Uang di Bandung Tercepat

Sedangkan untuk proses dan biaya perpanjangan STNK dilakukan 5 tahun sekali sesuai dengan masa yang ditentukan di lembar STNK tersebut. proses dan tata caranya juga sama yaitu dilakukan di Samsat wilayah terdekat, namun pada proses ini terdapat proses pencatatan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan sehingga kendaraan harus dibawa pada saat melakukan perpanjangan STNK. Menurut peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016, biaya memperpanjang STNK untuk kendaraan roda dua adalah sebesar Rp. 100.000. Namun biasanya pembuatan STNK baru dilakukan bersamaan dengan pembayaran pajak kendaraan di tahun tersebut sehingga besaran nya menjadi sejumlah biaya penerbitan STNK ditambah biaya pajak tahunan kendaraan roda dua tersebut.

Itulah tata cara dalam proses pembayaran biaya pajak dan biaya perpanjangan STNK roda dua yang berlaku saat ini. Sebagai warga negara yang baik maka Anda harus membayarkan keduanya sebelum terlambat. Hal tersebut juga perlu dilakukan agar Anda tidak terkena denda yang akan dibebankan ketika Anda akan membayar pajak dan perpanjangan STNK. Selain itu memiliki surat-surat yang lengkap dan aktif dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara di jalan raya. Jangan lupa untuk membuat salinan dokumen-dokumen tersebut agar apabila terjadi kehilangan Anda tidak kesulitan dalam memproses kembali dokumen yang hilang tersebut.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!