data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Cara Mengurus KTP Hilang Tanpa Harus Ribet

cara mengurus KTP hilang
cara mengurus KTP hilang

Blueprintonsite – KTP merupakan kartu identitas kependudukan bagi seseorang yang menjadikannya sebagai bukti warga negara dan berdomisili dan KTP merupakan hal yang sangatlah penting dan keharusan yang harus dimiliki pada setiap orang sebagai dokumen kependudukan. Sehingga jangan sampai kartu identitas Anda hilang, kalaupun harus terpaksa hilang, maka Anda pun harus mengurusnya. Di bawah ini ada sedikit ulasan mengenai cara mengurus KTP hilang dengan cara yang mudah tanpa ribet.

Kartu Tanda Penduduk kini telah diganti menjadi E-KTP atau sering disebut juga sebagai KTP Elektronik yang telah memuat pada sistem keamanan ataupun pengendalian baik dari sisi administratif maupun teknologi informasi yang berbasis pada database kependudukan nasional. Pada penduduk warga negara di Indonesia diwajibkan hanya memiliki satu KTP dan hanya tercantum dengan Nomor Induk Kependudukan atau NIK.

NIK merupakan suatu identitas tunggal pada setiap penduduk dan hal ini berlaku selama seumur hidup. Dan NIK dijadikan sebagai hal dasar dalam penerbitan dari berbagai dokumen penting misalnya dalam pembuatan paspor, SIM, NPWP, serta dokumen-dokumen penting lainnya. Akan tetapi bagaimana jika KTP yang Anda miliki tersebut hilang? Tentu hal ini sangatlah mempersulit Anda. Sehingga Anda perlu menyimak ulasan berikut ini untuk dapat mengurus KTP Anda yang hilang tanpa ribet.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Yaitu seperti di bawah ini:

  • Laporkan kehilangan KTP.

Salah satu syarat administratif dalam mengurus KTP yang hilang yaitu dengan meminta bukti surat kehilangan kepada pihak kepolisian. Untuk mempermudah Anda dalam mengurusnya, maka uruslah surat kehilangan tersebut pada polsek serta kelurahan dimana KTP Anda dikeluarkan. Untuk hal ini maka membutuhkan surat pengantar dari RT/RW setempat.

  • Datang langsung ke kantor desa atau kelurahan.

Setelah membawa berkas-berkas mengenai pengurusan KTP hilang ke kantor kelurahan di tempat Anda. Biasanya dokumen tersebut berisi surat keterangan kehilangan dari kepolisian serta surat pengantar dari RT/RW, fotocopy KK, pas foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar.

  • Mengisi formulir dalam permohonan KTP karena hilang.

Isilah formulir permohonan tersebut dengan lengkap dan benar, maka formulir tersebut akan ditandatangani oleh Kepala Desa atau Lurah dan kemudian disusun oleh petugas dan akan di bawa ke Kantor Kecamatan.

  • Datang langsung ke Kantor Kecamatan.

Hal ini tergantung pada kebijakan pengurus, karena pada setiap daerah akan menggunakan cara yang berbeda-beda tergantung ketentuan pada wilayah masing-masing.

Baca Juga : Gadai Emas di Pegadaian Untuk Dana Ekspres

Setelah beberapa berkas cara mengurus ktp hilang sudah lengkap dan terkumpul maka akan ada langkah selanjutnya untuk Anda lakukan yaitu:

  • Isilah formulir KTP baru pengganti.

Formulir ini ditandatangani di atas materai, sehingga persiapkan terlebih dahulu materai dari rumah atau Anda juga bisa membelinya di toko-toko terdekat.

  • Menyerahkan formulir serta berkas-berkas persyaratan.

Formulir yang sudah bermaterai dan berkas lainnya akan diserahkan kepada petugas dan akan dibawa dari kelurahan.

  • Penerbitan E-KTP.

Setelah menunggu beberapa waktu, maka E-KTP sudah dapat di ambil. Dalam pengambilannya pun tidak dapat diwakilkan, karena membutuhkan sidik jari dalam hal verifikasi.

KTP memanglah suatu identitas penting yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Sehingga apabila Anda mengalami kehilangan KTP, maka cara mengurus KTP hilang di atas dapat Anda lakukan melalui cara yang praktis serta cepat tanpa harus ribet. Akan tetapi janganlah sampai Anda kehilangan, sehingga rawatlah kartu identitas Anda dengan baik dan dengan cara yang benar.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!