data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Cara Mengurus STNK Hilang dengan Mudah

Cara Mengurus STNK Hilang
Cara Mengurus STNK Hilang

Blueprintonsite – Sama seperti saat Anda kehilangan berbagai barang berharga seperti SIM dan KTP. Kehilangan STNK juga bisa membuat Anda pusing. Sesuai dengan kepanjangannya, STNK merupakan bukti pengesahan sebuah kendaraan bermotor berdasarkan pada identitas kepemilikan. STNK berisi bukti pendaftaran serta pengesahan sebuah kendaraan bermotor berdasarkan pada identitas kepemilikan. STNK ini berisi nomor polisi, alamat dan nama pemilik. Jadi, STNK adalah bukti kepemilikan yang sah. Bila STNK Anda hilang, Anda tidak lagi mempunyai bukti jika Anda merupakan pemilik sah kendaraan tersebut. Lantas, bagaimana cara mengurus STNK hilang?

Perlu di ingat, Anda bisa mengurus penggantian STNK ini sendiri tanpa harus menggunakan calo atau jasa calo. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti STNK pun begitu murah hanya Rp 100 ribuan saja, sementara bila Anda menggunakan jasa calo, Anda harus membayar mereka hingga berkali-kali lipat. Selain itu, ketika Anda ingin mengurus berkas yang berada di kantor polisi maupun mengurus penggantian STNK yang sudah hilang di SAMSAT. Mungkin dari kepolisian atau pun SAMSAT menyediakan alat tulis tetapi dengan jumlah yang cukup terbatas.

Cara mengurus STNK hilang ini sangat mudah, Anda hanya perlu membuat laporan kehilangan di kantor polisi. Setelah Anda menyadari jika STNK Anda hilang, lebih baik Anda segera melapor ke kantor polisi terdekat, di sana akan dibuatkan surat keterangan kehilangan dan harus dibawa untuk proses pembuatan STNK baru. Selain itu Anda harus menyiapkan berkas kelengkapan untuk syarat administratif. Menurut informasi dari Humas Mabes POLRI dari akun Facebook, untuk mengurus penggantian STNK, Anda harus menyiapkan persyaratan dokumen seperti KTP pemilik kendaraan, Fotokopi STNK hilang, surat keterangan kehilangan STNK hingga BPKB.

Apabila berkas yang digunakan untuk melengkapi persyaratan sudah berada di tangan Anda, Anda hanya perlu membawa ke kantor SAMSAT yang menjadi tempat penerbitan STNK oleh instansi. Di kantor SAMSAT, nantinya akan dilakukan cek fisik kendaraan dan gesek nomor rangka dan mesin. Hasilnya harus di fotokopi. Pastikan melakukan pengisian formulir kendaraan, dan mengurus cek blokir. Cek blokir ini ialah mengurus surat keterangan kehilangan STNK dari SAMSAT. Untuk pengurusan pembuatan STNK baru, Anda harus menyerahkan seluruh berkas kelengkapan di loket BBN. Jangan lupa membayar pajak kendaraan bermotor, hal ini dilakukan bila Anda belum membayar pajak tahunan kendaraan Anda.

Baca Juga :

Bila seluruh langkah sudah selesai dilakukan, Anda hanya perlu menyerahkan bukti pembayaran ke kasir bagian pengambilan STNK baru serta menunggu panggilan untuk STNK Anda yang sudah jadi. Sebagai langkah dari antisipasi, lebih baik membuat salinan maupun fotokopi surat berharga seperti SIM, STNK, BPKB dan simpan di dalam arsip, agar saat diperlukan seperti kasus kehilangan STNK, berkas ini sudah tersedia.

Lantas, bagaimana jika tidak memiliki salinan STNK lama? Memang, jika Anda tidak memiliki salinan STNK yang hilang Anda masih bisa mengurus STNK ini, namun cara mengurus STNK hilang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan yang lainnya. sehingga, bila Anda kehilangan STNK dan tidak menyimpan fotokopi nya, Anda harus sedikit bersusah payah. Namun, dengan mendapatkan STNK baru, masalah Anda pun menjadi selesai, Anda bisa berkendara dengan bebas dan tanpa takut akan di denda oleh polisi. Tentu, dengan tetap mematuhi peraturan rambu di jalan raya. jadi tidak akan sulit untuk mengurusi nya bukan? Tidak perlu lagi mengandalkan calo untuk mendapatkan STNK yang baru.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!