Loading Posts...

Kartu Debit Atau Kartu Kredit Bank Bukopin

kartu kredit Bank Bukopin
kartu kredit Bank Bukopin

Dengan terus berkembangnya teknologi, kini transaksi finansial pun semakin diperbaharui dan modern. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kemudahan yang diberikan oleh dunia perbankan dengan mengeluarkan kartu dan kredit tanpa agunan sebagai ganti pembayaran tunai. Salah satu bank yang terkemuka di Indonesia adalah Bank Bukopin yang memiliki jutaan nasabah di seluruh Indonesia. Bank Bukopin juga mengeluarkan produk kartu debit serta kartu kredit Bank Bukopin yang kini sudah dimiliki oleh sebagian besar nasabahnya.

Kini sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk melakukan transaksi dengan kartu dibandingkan pembayaran tunai. Kartu yang dipakai adalah kartu debit atau kartu kredit. Meski begitu, masih banyak nasabah atau masyarakat yang kurang faham akan perbedaan kedua kartu tersebut. Padahal kartu debit dan kartu kredit Bank Bukopin memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dari segi mekanisme, kedua jenis kartu ini dikeluarkan langsung oleh bank sehingga pengguna harus mengikuti segala ketentuan dan kebijakan yang ada di bank tersebut. Kedua kartu tersebut juga membutuhkan PIN dan juga tanda tangan pemilik ketika transaksi. Meski begitu, terdapat beberapa perbedaan dari keduanya, yaitu:

  1. Kartu debit:
  • Diterbitkan oleh bank bagi nasabah yang membuka rekening tabungan dan umumnya memiliki logo bank serta jaringan seperti Visa dan juga MasterCard.
  • Nasabah harus mempunyai saldo untuk melakukan transaksi, dan transaksi tersebut terbatas pada jumlah saldo yang dimiliki oleh pengguna kartu debit.
  • Tidak adanya iuran tahunan dan biaya transaksi dipotong langsung dari saldo pemilik kartu debit.
  • Bebas biaya saat tarik tunai di ATM.
  • Hanya terbatas untuk transaksi online.
  1. Kartu kredit:
  • Nasabah tidak harus memiliki rekening tabungan pada bank kartu kredit tersebut.
  • Nasabah juga tidak perlu memiliki saldo pada rekening tabungan karena sifat kartu kredit adalah untuk meminjamkan sejumlah dana kepada pengguna dengan batas tertentu yang telah ditentukan bank.
  • Tagihan dari penggunaan kartu kredit akan dikirim tiap bulan dan bisa dibayar secara cicil atau penuh.
  • Karena fungsinya untuk meminjamkan, maka tarik tunai lewat ATM akan dikenai biaya cukup tinggi.
  • Adanya biaya materai, iuran tahunan serta biaya administrasi.
  • Transaksi pada kartu kredit butuh tanda tangan, dan PIN hanya digunakan saat tarik tunai di ATM.
  • Untuk melakukan transaksi secara online, membutuhkan tiga angka terakhir yang terdapat pada kartu kredit.

Setelah mengenal perbedaan mekanisme antara kartu debit dan kartu kredit, tentu Anda bisa mempertimbangkan antara manfaat serta kekurangan keduanya. Anda bisa cukup memiliki kartu debit saja sebagai sarana pembantu untuk transaksi pinjaman uang tanpa jaminan di keseharian Anda, namun apabila dirasa membutuhkan, maka kartu kredit juga bisa dibuat dengan memenuhi persyaratan dari bank penerbit kartu kredit.

Pembuatan kartu debit lebih mudah karena hanya perlu mendaftar menjadi nasabah di bank dan kini banyak bank yang otomatis memberikan kartu debit tersebut. Namun hal ini berbeda dengan pembuatan kartu kredit lantaran harus memenuhi persyaratan. Beberapa hal yang disyaratkan oleh bank yaitu usia minimal pemohon kartu kredit Bank Bukopin adalah 21 tahun dan dengan penghasilan minimal 3 juta per bulan. Selain itu pemohon juga wajib melampirkan beberapa dokumen yang diminta pihak bank. Mengingat kartu kredit merupakan kartu utang, maka tak heran jika syarat yang harus dipenuhi juga cukup rumit. Itulah mengapa pemegang kartu kredit haruslah seorang yang sudah cukup dewasa dalam pengelolaan keuangannya.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!