data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Langkah Ajukan Klaim Asuransi Mobil Terbaik

asuransi mobil terbaik
asuransi mobil terbaik

Asuransi merupakan kebutuhan tersendiri bagi setiap orang. Dengan menggunakan asuransi maka Anda akan mendapatkan jaminan seperti jaminan akan penanggungan biaya rumah sakit. Salah satu asuransi adalah asuransi mobil dan terdapat 2 jenis yaitu total lost only dan all risk. Kedua asuransi mobil terbaik tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda serta pertimbangan lainnya misalnya besarnya premi yang dimiliki.

Namun, sebelum Anda mendapatkan biaya ganti untuk pertanggungan misalnya karena kecelakaan, Anda harus mengajukan klaim terlebih dahulu. Anda harus memastikan terlebih dahulu jika Anda membayarkan premi dengan rutin dan penyebab rusaknya mobil termahal di dunia sehingga Anda mengajukan klaim haruslah dijamin sesuai dengan polis sehingga klaim yang Anda lakukan tersebut tidak ditolak oleh perusahaan asuransi Anda.

Terdapat beberapa tahapan untuk mengajukan klaim. Pertama adalah tahap pelaporan. Anda harus melaporkan dengan segera setelah Anda mengalami kecelakaan tersebut. Umumnya, pihak asuransi mobil menetapkan waktu maksimal 3×24 jam sehingga sebelum waktunya habis dan klaim Anda ditolak walaupun dapat ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi, Anda harus segera melaporkannya. Pelaporan tersebut dapat dilakukan dengan cara menghubungi lewat telepon, sms, email atau bahkan datang langsung ke kantor perusahaan asuransi tersebut.

Dalam tahap proses pelaporan untuk klaim asuransi mobil terbaikmaka Anda harus:

  • Menyertakan bukti yang jelas misalnya dengan menggunakan foto kondisi kendaraan yang Anda ambil pasca kecelakaan tersebut. Langkah ini dilakukan agar pihak perusahaan asuransi dapat mempercayai Anda dan melihat kondisi terakhir dari kendaraan serta memperkirakan seberapa besar kerusakan dari kendaraan Anda untuk kelancaran klaim.
  • Memberikan informasi yang jelas mengenai detail dari bagaimana Anda mengalami kecelakaan tersebut. Jelaskan dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti dengan point-point yang tepat dan jangan berbelit-belit.
  • Melaporkannya kepada pihak yang berwajib sehingga pengajuan klaim akan lebih mudah misalnya untuk melengkapi dokumen klaim terutama bagi Anda yang mengalami kecelakaan di luar kota.
  • Penanganan khusus jika Anda mengalami kecelakaan di luar kota dan segera laporkan ke cabang dari perusahaan asuransi tersebut untuk penanganan lebih lanjut.

Kedua adalah dengan melengkapi dokumen untuk pengajuan klaim. Tanyakan terlebih dahulu dokumen apa saja yang harus Anda siapkan untuk mengajukan klaim agar klaim tersebut diterima oleh perusahaan asuransi tersebut. terdapat beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan untuk proses pengajuan klaim, diantaranya adalah:

  • Formulir klaim yang harus diisi seusai dengan aturan yang sudah diterapkan di dalam perjanjian.
  • Salinan dari polis asuransi yang akan menjadi bukti untuk keikutsertaan Anda dalam asuransi tersebut.
  • SK kepolisian setempat yang mengurus mengenai kecelakaan yang menimpa Anda.
  • Fotokopi SIM dan STNK.

Setelah Anda mengajukan dokumen untuk klaim di perusahaan asuransi mobil terbaik dimana Anda menjadi nasabahnya, maka Anda harus menunggu terlebih dahulu apakah klaim yang Anda lakukan tersebut disetujui oleh perusahaan atau tidak. Perusahaan akan melakukan survey terlebih dahulu untuk membuktikan kebenaran dari laporan Anda dan melihat kondisi dari mobil Anda. Jika nantinya pengajuan klaim Anda disetujui oleh pihak asuransi maka Anda akan mendapatkan SPK atau surat perintah kerja dari pihak asuransi. Surat tersebut berfungsi sebagai surat pengantar agar Anda dapat melakukan perbaikan mobil Anda di bengkel rekanan yang sudah ditunjuk oleh pihak asuransi. Perbaikan yang dilakukan di bengkel tersebut harus sesuai ketentuan misalnya menggunakan SPK karena jika Anda memasukkan mobil sebelum ada surat dan persetujuan dari asuransi maka Anda harus menanggung resiko sendiri dan tidak diganti oleh asuransi.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!