data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Perbedaan Toko Online & Marketplace Adalah

Marketplace Adalah
Marketplace Adalah

Semakin maju perkembangan jaman, tidak hanya berpengaruh pada kemajuan alat yang digunakan sehari-hari namun juga tempat. Jika sebelumnya untuk membeli sesuatu Anda harus mengujungi toko di sekitar tempat tinggal Anda misalnya membeli baju, namun saat ini Anda tidak perlu jauh-jauh untuk membeli karena Anda dapat membelinya langsung di toko online atau di marketplace. Walaupun inti atau fungsi toko online dan marketplace adalah tempat dagang, namun keduanya memiliki arti berbeda.

Secara umum, online shop atau toko online adalah tempat dimana kegiatan jual beli belanja yang menjual beraneka barang secara online. Toko online memiliki sistem belanja dimana sebagai pembeli Anda dapat menanyakan harga ataupun hal lain yang berkaitan dengan produk yang akan Anda beli tersebut kepada penjualnya secara langsung. Sedangkan sebagai pihak penjual, Anda harus dapat menyediakan serta menghitung stok barang sebelum akhirnya dijual.

Sebagai pemilik dari toko online, Anda harus dapat bermain SEO dengan baik. Kemajuan dari online shop yang dimiliki tergantung juga dari SEO serta perangkat analisis yang lainnya sehingga akan membuat toko online tersebut dikunjungi oleh pengguna internet. Jika banyak pengguna internet yang mengunjungi online shop Anda maka pangsa online shop akan semakin lebih besar dan toko online milik Anda dapat bersaing dengan kompetitor Anda.

Sedangkan marketplace adalah model bisnis website yang tidak hanya membantu untuk mempromosikan barang dagangan namun juga sebagai tempat yang menyediakan fasilitas bagi para pedagang dan pembeli online untuk bertransaksi. Dalam sebuah marketplace, terdapat lebih dari 2 penjual yang masing-masing penjualnya akan menjual barang yang berbeda atau mungkin sama ke pembeli. Setiap jenis produk yang dijual di marketplace harus dilampirkan dengan spesifikasi atau penjelasan singkat terkait dengan produk tersebut sehingga pembeli akan dapat menentukan apakah barang yang Anda jual sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak.

Mudahnya, marketplace merupakan pasar tradisional dengan berbagai pedangang yang berkumpul dan berjualan secara online. Bagi pembeli, Anda dapat lebih mudah untuk membeli barang yang dibutuhkan misalnya perlengkapan rumah tangga dan membeli baju dalam 1 waktu dan 1 marketplace. Anda hanya perlu untuk login dan kemudian memilih barang apa saja yang akan Anda beli kemudian Anda akan menerima berapa besar biaya yang harus Anda bayarkan ke pihak marketplace terkait dengan barang yang Anda beli tersebut.

Sebagai pemilik marketplace, keuntungan yang akan Anda peroleh dari bisnis tersebut hanya akan dipotong untuk kepentingan transaksi sehingga bisnis qnet ini cukup sesuai bagi Anda yang ingin berbisnis namun tidak mempunyai dana yang cukup untuk menyimpan stok barang yang bermacam-macam. Saat ini marketplace tidak hanya menjadi tempat untuk menjual barang namun juga jasa misalnya jasa tulis.

Walaupun Anda memilih untuk membeli di toko online ataupun di marketplace, terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Diantaranya yaitu:

  • Keamanan dari website tersebut. Walaupun online shop dan marketplace adalah e-commerce yang cukup menjanjikan dan banyak ditemui saat ini, namun banyak juga penipuan yang berkedok e-commerce yang akan merugikan Anda.
  • Kenyamanan untuk berbelanja. Ada beberapa pembeli yang cenderung lebih nyaman untuk membeli di tempat A namun ada yang lebih nyaman beli di tempat B.
  • Barang yang dijual.
  • Harga yang dijual.
  • Kemudahan untuk bertransaksi, mulai dari memilih bayar, membayar, konfirmasi, penerimaan hingga pengembalian barang jika ternyata barang yang diterima tidak sesuai.
0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!