data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Resiko Pinjam Uang Teman di Saat Genting

pinjam uang teman
pinjam uang teman

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain untuk dapat bertahan hidup. Tentunya hal ini tidak terlepas dari bantuan antar sesama manusia. Bantuan di sini bisa bersifat universal, mulai dari bantuan tenaga, hingga bantuan keuangan. Memang sangat masuk akal jika Anda memilih pinjam uang teman ketika berada dalam kondisi yang mendesak mengingat teman selalu bisa diandalkan. Meminjam uang kepada teman juga dirasa lebih mudah jika mengingat betapa rumitnya syarat kredit tanpa agunan ke bank.

Banyak yang sudah tahu rasanya jika meminjam uang ke bank memang membutuhkan kesabaran yang lebih mengingat syarat dan ketentuan yang diajukan sangat tidak mudah. Selain itu bank juga menerapkan sistem jaminan yang diminta ke calon peminjam sebagai tindakan berjaga-jaga. Itulah mengapa banyak yang menjadikan bank sebagai pilihan terakhir dan memilih pinjam uang teman atau kerabat sebagai pilihan pertama. Meminjam uang kepada teman juga memiliki banyak keunggulan. Berikut ini beberapa kelebihan meminjam uang kepada teman:

  • Teman akan sangat mengerti kondisi Anda

Berbeda dengan meminjam kepada lembaga keuangan yang notabene tidak mau tahu tentang kondisi Anda, maka lain halnya dengan teman lantaran teman sangat mengerti apa yang saat ini dirasakan oleh Anda. Jika Anda meminta bantuannya, maka pasti dengan senang hati teman sejati akan berusaha menolong Anda semampu mereka.

  • Tidak ada bunga

Bunga menjadi faktor yang penting ketika melakukan pinjam uang online. Kini banyak sekali lembaga keuangan yang menetapkan bunga cukup tinggi dalam pinjaman mereka yang kerap memberatkan para peminjam. Bunga juga menjadikan pinjaman menjadi semakin membengkak sehingga cukup menyulitkan peminjam ketika mengembalikan dana. Namun berbeda jika Anda meminjam kepada teman karena tidak ada bunga yang dipatok sehingga bisa menjadi solusi Anda.

  • Jangka waktu pengembalian yang fleksibel

Meminjam kepada teman biasanya tidak terikat dengan tenggang waktu karena teman tidak akan menetapkan waktu pengembalian. Namun jangan memanfaatkan kesempatan ini untuk lama dalam melakukan pengembalian. Memang meminjam uang kepada teman sifatnya fleksibel, namun alangkah baiknya jika Anda langsung mengembalikan jika telah memiliki dana yang cukup. Jika memang ada kondisi darurat, maka mintalah ijin kepadanya terlebih dahulu untuk bisa memberikan waktu tambahan dalam melakukan pengembalian.

  • Tanpa jaminan

Jaminan merupakan aset yang berharga dan bisa dipakai untuk meminjam kepada bank. Apabila suatu saat nanti nasabah tidak dapat melunasi pinjaman tanpa jaminan non bank, maka jaminan tersebut akan beralih kepemilikan menjadi milik bank, sehingga cukup beresiko. Selain itu, tidak semua orang memiliki jaminan yang bisa dipakai untuk meminjam dana ke bank. Untuk itu, Anda bisa mencoba meminjam uang ke teman yang tidak memerlukan jaminan dan bahkan tidak memerlukan persyaratan sama sekali.

Meski dapat diakui jika pinjam uang teman memang terasa lebih menguntungkan, namun terdapat banyak kekurangan juga yang perlu Anda sadari seperti jumlah uang yang dipinjamkan tidak selalu sesuai dengan yang Anda butuhkan. Selain itu tidak semua teman mau meminjamkan uangnya kepada Anda mengingat mereka juga memiliki kebutuhan untuk hidup. Namun tidak ada salahnya mencoba untuk meminjam kepada teman terlebih dahulu. Mengingat modal pinjam meminjam antar teman adalah kepercayaan, maka usahakan untuk menjaga kepercayaan mereka ketika Anda meminjam dana karena jika Anda lalai, persahabatan yang telah Anda bina bisa seketika pecah karena masalah uang.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!